Mau mencoba “memasukkan “ sugesti
pemberdayaan diri bagi siswa? Saran di bawah ini boleh di coba.
Pertama, bawalah siswa ke ruangan
yang sejuk, hening dengan suasana yang lebih nyaman, (boleh di mushola sekolah)
Kedua, bangunlah dan ciptakan
suasana keakraban ( rapport) hal ini penting agar siswa merasa nyaman dan
percaya pada guru.
Berikan penjelasan bagi siswa
pentingnya mereka memiliki sugesti positif dalam diri mereka serta apa
manfaatnya bagi mereka.
Berikan kesempatan siswa untu
menuliskan dalam secarik kertas sugesti diri mereka sesuai dengan tujuan dan
apa yang mereka harapkan.
(Misalnya : saya adalah siswa
terbaik dan saya yakin akan kemampuan saya, saya selalu berusaha dengan segala
kemampuan saya untuk mencapai cita-cita saya. Bagi saya semuanya menjadi
mudah…dst)
Mintalah siswa untuk duduk dengan
dengan rilek, punggung tegak , tangannya di letakkan pada kedua paha mereka.
Mintalah siswa untuk memfokuskan
perhatian pada benda yang ada di hadapan mereka (misalnya pada dinding ruangan)
Perintahkah siswa agar menarik
nafas lalu mengeluarkannya dengan lembut, lakukan beberapa kali
Berikutnya, mintalah siswa untuk
memejamkan matanya agar lebih rileks, lalu perintahkan agar focus perhatian
pada nafas yang keluar melalui hidung.
Katakan pada mereka “Saat ini
anda dalam keadaan rileks, saya akan meghitung satu sampai tiga dan setiap kali
saya menghitung anda semakin rileks. “(Guru menghitung dengan suara datar dan
tenang dan jarang antara hitungan beberapa detik.jangan terlalu cepat)
Setelah siswa tampak rileks guru
berkata “ Saat ini Anda benar-benar dalam keadaan rileks. Anda adalah pelajar
yang baik pelajar yang memliliki citacita mulia dan luhur. Untuk menuju
keberhasilan mencapai cita-cita diperlukan usaha yang sungguh-sungguh.
Percayalah dengan kekuatan dan kemampuan yang ada pada Anda, cita-cita Anda
akan tercapai..”
“Saat ini munculkan kembali
sugesti Anda yang tela di tulis, bayangkan bahwa hari ini saa ini dan detik
ini…kata-kata yang telah Anda tulis sedang anda masukkan ke dalam diri Anda.
Bayangkan saat ini kata-kata teresebut tertanam dalam jantung Anda dan mengalir
dalam darah Anda”
Hening sejenak, saat ini biarkan
siswa sedang memasukkan kata-kata tersebut dalam dirinya. Beri waktu beberapa
menit
“Baik, saat ini, imajinasikan
bahwa Andan sedang merayakan keberhasilan yang telah anda perjuangkan..”
Berikan waktu beberapa menit dan
perhatkan oleh guru bagaimana ekspresi siswa.
Setelah terasa cukup , ajaklah
siswa berdoa agar dalam usaha mencapai keberhasilan itu mendapat ridlo Allah
SWT.
Berikutnta..”Saya akan menghitung
satu sampai tiga…dan saat hitungan ketiga Anda membuka mata dan badan Anda
terasa segar dan bersemangat…..tunjukkanlah senyum terbaik Anda saat anda membuka mata..”
“Satu…..dua….tiga…..”
Catatan :
Pada saat guru member sugesti,
nada suara guru harus tenang dan datar. Dalam melakukan kegiatan ini efektif
atau tidaknya tergantung seberapa PD Anda melakukkannya. Selamat mencoba.